Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak 1 Hingga 5 Tahun

Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak 1 Hingga 5 Tahun

Others

Bingung bagaimana cara memilih susu pertumbuhan anak terbaik untuk umur 1 tahun hingga 5 tahun? Yang pasti, susu bukan hanya penting untuk anak berusia di bawah satu tahun saja.

Tapi untuk anak balita juga sangat penting. Tujuannya agar pertumbuhan dan perkembangan anak tetap terjaga dengan baik. Saat ini banyak tersedia susu untuk pertumbuhan anak.

Banyak orang tua yang bingung bagaimana menentukan susu terbaik untuk mendukung pertumbuhan sang buah hati. Jika bingung, ikuti saja tips berikut.

1. Sesuaikan dengan umur

Yang pertama, kamu harus menyesuaikan susu yang dipilih dengan umur anak kalian. Mengingat setiap susu umumnya diformulasikan untuk kebutuhan anak berdasarkan usia mereka masing-masing.

Untuk mencari informasi usia untuk susu yang bersangkutan sangat mudah. Silakan cek label susu kaleng atau susu kotak saja. Selanjutnya, perhatikan usia rekomendasi agar balita bisa mengkonsumsi susu tersebut.

Misal, jika anak kamu berusia 2 tahun, usahakan memberi susu yang cocok untuk dua tahun. Biasanya di label susu ada tulisan “untuk anak berusia 1 hingga 3 tahun”. Pilihlah susu tersebut.

2. Pilih susu dengan rasa yang disukai anak

Menentukan susu terbaik berdasarkan rasa susu sering diabaikan oleh orang tua. Banyak orang tua yang asal pilih susu karena hanya fokus pada kandungan gizi di dalamnya saja.

Padahal hal tersebut tidak selamanya benar. Setiap anak pasti memiliki rasa yang ia sukai. Jika anak diberi susu dengan rasa yang tidak disukai, pasti ia akan menolaknya.

Akhirnya ia akan mogok dan tidak ingin minum susu lagi. Hal tersebut membuat nutrisi anak tidak terpenuhi. Mulai sekarang, cari apa yang disukai anak. Baru sesuaikan dengan rasa susu yang harus dibeli.

3. Perhatikan nutrisi di dalam susu

Anak yang sudah berusia lebih dari satu tahun tidak hanya bisa mengandalkan nutrisi dari asupan ASI saja. Mereka membutuhkan asupan nutrisi yang lebih kompleks dari susu luar.

Misalnya susu buatan pabrik atau susu hewani seperti susu sapi atau kambing. Pilihlah susu lemak karena bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Tapi pastikan susu berlemak tersebut juga tidak diberikan dalam dosis yang terlalu banyak. Pasalnya akan membuat anak menjadi obsesitas.

Hal tersebut tidak baik karena membuat anak mudah terserang berbagai penyakit. Saat membeli susu, usahakan memperhatikan label nutrisi di dalamnya terlebih dahulu.

Pilih susu yang kandungan nutrisinya sangat pas untuk anak. Jangan asal pilih karena berakibat buruk pada pertumbuhan anak. Pastikan susu memenuhi kandungan vitamin, protein, nutrisi dan lemak untuk balita.

Memilih susu pertumbuhan anak tidak boleh dilakukan asal-asalan. Jika orang tua ingin anaknya bisa berkembang dengan baik, pasti harus memberi yang terbaik untuk anaknya.