Sekilas Mengenai Akademi Kepolisian Indonesia

Sekilas Mengenai Akademi Kepolisian Indonesia

Others

Akademi Kepolisian merupakan akademi yang menjadi sarana pendidikan untuk taruna yang ini menjadi polisi. Dimana di dalam Lembaga pendidikan tersebut, taruna akan dilatih baik mental, skill dan pengetahuan untuk menunjang kinerja tugas yang akan ditanggung. Proses pendidikan ini akan berlangsung selama 4 tahun untuk menunjang softskill dan hardskill taruna mereka. Ketika taruna Akademi Kepolisian lulus nanti mereka akan menyandang pangkat polisi Ipda atau Inspektur Polisi Dua.

Taruna Akademi Kepolisian yang telah menyelesaikan masa studinya akan diangkat menjadi polisi melalui upacara pelantikan Perwira Polri. Melalui pelantikan tersebut, taruna akan ditempatkan diseluruh pelosok negeri untuk mendukung kegiatan pelayanan masyarakat di kantor polisi setempat. Dalam mengemban tugasnya tersebut lulusan taruna Akpol dapat naik pangkat polisi sesuai dengan masa jabatan dan kualifikasi mereka.

Dalam menjalankan pendidikan sebagai taruna, mereka akan diberikan pangkat polisi sesuai dengan lama masa studi mereka. Adapun beberapa pangkat polisi yang diterima selama teruna menempuh pendidikan yakni :

  1. Calon Bhayangkara Taruna

Pangkat ini diterima selama beberapa bulan pertama taruna menjadi bagian dari pelajar Akademi Kepolisian.

  1. Bhayangkara Taruna

Pangkat ini diterima oleh taruna selama 3 bulan setelah semester pertama pendidikan dalam Akademi Kepolisian diselesaikan.

  1. Ajun Brigadir Taruna

Pangkat ini diterima oleh taruna setelah menjalani masa studi mereka di semester dua dan telah menempuh SKS sebanyak 21.

  1. Brigadir Dua Taruna

Pangkat ini diberikan kepada taruna setelah menjalankan 20 SKS pada semester III dan 22 SKS pada semester IV.

  1. Brigadir Satu Taruna

Pangkat ini diberikan kepada taruna setelah menjalankan 21 SKS pada semester V dan 22 SKS pada semester VI.

  1. Brigadir Taruna

Pangkat ini diberikan setelah menempuh 21 SKS di semester VII dan 4 SKS di semester VIII

Dalam setiap tahapan tersebut, beban pendidikan yang diterima semakin besar. Sehingga dibutuhkan mental yang baik dalam menjalankan tugas sebagai taruna. Selain itu, ada beberapa kegiatan studi luar yang perlu dijalankan selama masa pendidikan untuk menunjang kemampuan taruna dalam menjalankan tugasnya tersebut.