Pengertian offset printing dan Keunggulanya

Pengertian offset printing dan Keunggulanya

Others

Offset printing adalah teknologi pencetakan di mana tinta ditransfer dari pelat cetak ke kertas tidak secara langsung, tetapi melalui silinder perantara, rol offset. Cetak offset juga disebut pencetakan datar. Perbedaan lain antara offset dan jenis pencetakan lainnya adalah gambar dibuat lebih bagus, kualitas sangat baik, kaya warna daripada jenis percetakan lain.

Prinsip pencetakan offset sangat sederhana: pertama, gambar diterapkan ke lapisan fotosensitif pelat cetak, kemudian gulungan dengan formulir mentransfernya ke gulungan offset, dan dari sana langsung ke bagian kertas cetak.

Saat ini, ada beberapa cara untuk mentransfer gambar ke pelat cetak, sehingga anda dapat memperoleh kualitas dan kejernihan yang ideal.

Kualitas luar biasa dan reproduksi warna yang membuat offset menjadi metode pencetakan paling populer di seluruh dunia.

Pencetakan offset memiliki beberapa keunggulan penting dibandingkan jenis pencetakan lainnya:

  1. Semua jenis kertas dan metode finishing apa pun cocok untuk offset (laminasi, pernis selektif TWIN SPOT, perforasi, dan banyak lagi).
  2. Kualitas cetak tertinggi dengan biaya rendah.
  3. Kemungkinan mencetak edisi besar tanpa kehilangan kualitas.
  4. Jangka waktu eksekusi cepat saat mencetak dalam jumlah banyak.

Saat ini, pencetakan offset mengelilingi kita di mana-mana – hampir semua majalah dan surat kabar, dokumen bisnis, kartu pos, poster dan baliho, tiket dan kalender, buku catatan dan buku harian, dan bahkan uang kertas menggunakan pencetakan offset.

Sangatlah menguntungkan menggunakan metode offset untuk mencetak banyak materi iklan – selebaran, selebaran dan buklet.

Produksi berbiaya rendah dan kinerja kerja berkualitas tinggi adalah keunggulan utama offset. Untuk promosi dan pameran, terkadang diperlukan ratusan ribu brosur. Offset mengatasi sirkulasi semacam itu tanpa masalah – kualitas ideal, kejernihan fotografi, kecerahan dan daya tarik selebaran akan membantu menarik minat pelanggan potensial, memberi mereka informasi yang diperlukan.

Lalu apa yang membedakan antara offset dan digital printing?

Singaktnya kedua jenis teknologi printing ini jelas berbeda dimana perbedaan ini terletak pada sisitemnya.

Dimana offset printing sendiri menggunakan bantaun plat film sedangakan pada model digital menggunakan bantuan komputer jadi keduanya jelas memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing.