Mengenal Soya Adalah dan Faktanya

Mengenal Soya Adalah dan Faktanya

Others

Susu formula soya adalah susu yang mengandung tepung kedelai yang dianjurkan agar anak yang mengalami alergi protein susu sapi diberikan nutrisi alternatif dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Makanan dengan formula kedelai telah menjadi alternatif untuk memenuhi nutrisi anak yang mengalami alergi susu sapi.

Makanan formula kedelai banyak digunakan sebagai makanan alternatif karena lebih dikenal dibandingkan makanan formula alternatif lainnya (seperti makanan formula protein terhidrolisis). Selain itu, formula kedelai relatif murah. Namun banyak orang tua atau Anda mungkin bertanya-tanya, apakah susu formula kedelai mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anak untuk proses tumbuh kembangnya?

Formula Susu Soya

Banyak yang mengatakan bahwa susu formula soya adalah memiliki kandungan nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan kandungan nutrisi di susu sapi. Ini adalah mitos. Nutrisi yang ada pada susu soya dan susu sapi telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan harian anak di mana kandungan karbohidrat, lemak, dan protein dapat memberikan energi yang dibutuhkan.

Bahkan kandungan fosfor dan kalsium di susu soya 20% lebih tinggi. Jadi tidak ada alasan bahwa anak sulit tumbuh tinggi jika mengonsumsi susu soya. Kandungan asam lemak esensial yaitu Omega 3 dan Omega 6 yang membentu AA dan DHA untuk mendukung perkembangan otak anak. Konsumsi susu soya juga tentu lebih aman untuk pencernaan anak.

Susu Soya Dapat Mencegah Alergi

Ini adalah fakta terutama bagi anak yang memiliki pencernaan yang sulit untuk mencerna protein hewani dari susu. Protein yang terkandung dalam susu formula soya lebih aman untuk pencernaan anak. Kedelai juga merupakan bahan dasar dari susu soya. Kedelai mengandung serat yang tinggi, sehingga mudah dicerna.

Susu Formula Soya Menghambat Sistem Endokrin

Ini adalah mitos. Formula kedelai mengandung fitoestrogen, mirip dengan hormon estrogen wanita. Jika anak laki-laki sering mengonsumsi susu formula, banyak mitos yang mengatakan bahwa alat kelaminnya tidak bisa berkembang secara normal. Selain itu, kandungan fitoestrogen ini juga menghambat penyerapan dan metabolisme hormon tiroid.

Menurut data American Academy of Pediatrics (AAP), sejauh ini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa makanan formula kedelai mempengaruhi perkembangan organ seksual dan organ endokrin. Ini membuat makanan formula kedelai aman dikonsumsi. Namun susu soya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak di bawah usia 6 bulan.

Soya adalah salah satu bahan yang memang paling sering direkomendasikan bagi yang mengalami alergi susu sapi. Salah satunya yaitu SGM Eksplor Soya untuk anak berusia 1-5 tahun cocok bagi yang mengalami alergi protein susu sapi. Mengandung AA:DHA 1:1, Omega 3, Omega 6, IronC, Protein, Kalsium, Vitamin D, Serat Pangan, Vitamin C, dan Zinc.