Gerakan Senam Jantung yang Dapat Anda Coba di Rumah

Gerakan Senam Jantung yang Dapat Anda Coba di Rumah

Lifestyle

Ada seribu satu cara untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan salah satu yang bisa di terapkan di rumah saat ini karena pandemi Covid 19 adalah dengan senam jantung. Ada beragai macam gerakan yang bisa di sesuaikan dengan anda, mulai dari yang di anggap mudah hingga di anggap sulit. Jadi bisa di pilih sesuai kemampuan senam jantung yang akan di jalankan nantinya.

Konsep dari senan jantung adalah senam yang bisa membuat tubuh berkeringat di iringi dengan detak jantung menjadi lebih cepat. Tujuang utama melakukan senam jantung adalah membuat fungsi jantung berkerja dengan baik serta fungsinya meningkat menjadi lebih baik. Salah satu fungsi senam jantung adalah memperkuat otot-otot pada jantung sehingga berimbas positif pada aliran oksigen keseluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Manfaat melakukan senanm jantung tidak hanya sekedar bermanfaat pada area jantung saja tapi juga membuat kolestrol menjadi menurun, menjaga berat badan agar berada pada timbangan yang ideal, terhindari dari stroke dan mencegah anda mengalami kerusakan pada pembuluh darah.

Beberapa gerakan senam jantung yang bisa di coba di rumah saat pandemi Covid 19 di antaranya

  1. Jogging di tempat

Jogging atau lari-lari kecil tanpa berpindah tempat merupakan cara senam jantung paling mudah yang bisa di praktek oleh setiap orang dan mambuat membuat detak jantung meningkat. Gerakan ini bisa menjadi gerakan pemanasan sebelum anda berolarga seperti sepakbol atau sejenisnya.

Tidak perlu terlalu lama melakukan gerakan ini satu menit saja sudah cukup baru selanjtunya bisa di variasikan dengan berbagai gerakan senam jantung.

  1. Jumping Jacks

Gerakan Jumping Jacks sebenarnya sangat mudah hanya namanya saja yang sulit untuk di ingat dan di sebutkan.

Gerakan ini di mulai dengan melompat dengan kaki dalam kondisi terbuka lebar ketika di udara dibarengi dengan tangan dalam kondisi tepuk tangan. Gerakan ini bagi yang memiliki berat bada yang berlebih bisa sangat melelahkan tapi cukup banyak menghasilkan keringat. Biasanya 20 kali melakukan gerakan ini sudah banyak menguras tenaga.

  1. Squat jump

Nah gerakan ini di mulai dengan anak berdiri tegak dengan kondisi kedua tangan lurus ke depan, lalu secara perlahan anda  mulai dengan jongkok dan bagian bokong mulai berada di posisi belakang. Selain bagus untuk jantung gerakan ini juga bagus untuk mengencang bokong agar terlihat seksi. Khusus gerakan yang satu ini anda perlu berhati-hati tidak usah terburu-buru karena bisa berakibat cacat fisik ketik salah dalam melakukan gerakan.

Senam jantung sebaiknya di lakukan dengan durasi 30-40 menit setiap harinya atau bisa di kurangi menjadi 5 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan atau perenggangan otot agar tidak terjadi cedera fisik pada saat melakukan senam jantung.