Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah Melalui Hemat Energi

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah Melalui Hemat Energi

Lifestyle

Kelestarian lingkungan bisa diwujudkan dengan menghemat energi agar tidak terjadi kerusakan lebih parah akibat penciptaan energi. Ada cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah melalui hemat energi supaya juga menghemat pendapatan. Melakukan penghematan energi bisa menjadi salah satu langkah baik dalam menjamin masa depan bumi dan lingkungan.

1. Matikan Lampu yang Tidak Digunakan

Ketika berada di rumah, biasanya orang akan malas mematikan lampu meskipun sudah siang dan hari terik. Hal ini disebabkan karena malas atau merasa tidak rugi padahal dalam setahunnya, tagihan bisa hingga beberapa dolar. Jadi sebaiknya ketika siang, lebih baik buka jendela dan biarkan cahaya masuk dibanding lampu kamar hidup terus.

2. Manfaatkan Cahaya Alami

Banyak bangunan yang masih tidak bisa mengatur cara cahaya alami untuk bisa masuk ke dalam rumah dan memberi terang. Satu jendela saja bisa menggantikan penggunaan lampu selama 7-10 jam setiap harinya, ini jumlah cukup besar loh di Individu.

3. Gunakan Lampu Belajar

Ketika tengah belajar, biasanya mata akan fokus pada bahan ajar,, bukan pada lampu di tengah ruangan yang menyinari semua sudut kamar. Ketika belajar atau bekerja pada malam hari, penggunaan lampu belajar memang memberi kenyamanan lebih baik dibanding bus.

4. Mandi Lebih Sebentar

Dewasa ini banyak orang gemar berlama-lama di dalam kamar mandi di antaranya karena merasa lebih nyaman. Saat mandi sebaiknya tidak berlama-lama apalagi ketika pakai shower agar tidak membuat penggunaan energi dilakukan secara sewenang-wenang.

5. Perbaiki Kran Bocor

Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah selanjutnya yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap manajemen air. Dalam hal ini sebaiknya ketika terjadi sebuah kebocoran pada kran, bisa segera diambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Matikan Pendingin jika Tidak di Rumah

Pemakaian energi paling banyak di rumah salah satunya disebabkan oleh pendingin ruangan yang cukup besar controlnya. Ketika keluar, tidak ada orang di dalam kamar sehingga memang betul tower atas menghilang. Mematikan pendingin seperti AC atau kipas akan membuat penggunaan dana dalam satu tahun menurun cukup signifikan.

7. Pilih Gorden yang Benar

Pemakaian energi di rumah juga bergantung pada gorden yang menutup jendela karena ini berhubungan dengan cahaya yang masuk. Gorden yang bisa dipilih misalnya gorden dari bamboo karena bisa menghentikan panas dari luar jendela serta menjaga ruangan tetap dingin. Jangan terlalu memilih gorden yang tipis karena panas dari luar bisa tembus ke ruangan.

Itulah dia beberapa cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah melalui penghematan energi. Memberikan dampak positif bagi lingkungan memang bukan hal yang mudah tetapi ini adalah tanggung jawab bersama. Kita memegang peran sama besar untuk menciptakan masa depan menjanjikan untuk generasi berikutnya.